Workshop Penyusunan Bahan Ajar Daring Berorientasi MB-KM

Workshop Penyusunan Bahan Ajar Daring Berorientasi MB-KM


Prof. Daud K Walanda, M.Sc.,Ph.D. memaparkan penyusunan bahan ajar daring berorientasi MB-KM

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melaksanaan kegiatan Workshop Penyusunan Bahan Ajar Daring berorientasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka pada hari Jumat 4 September 2020 di Aula SMP Model Terpadu Madani. Kegiatan dilakukan dengan sistem tatap muka langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Peserta workshop yakni dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Tadulako dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia se-Kota Palu. Kegiatan workshop dimulai pada pukul 08.30 dengan agenda acara pembukaan berupa : 1). menyanyikan indonesia raya, 2). laporan kegiatan, 3). sambutan dekan, 4) doa. Setelah pembacaan doa, peserta diberi kesempatan untuk beristrahat selama 15 menit sambil menikmati makanan yang disajikan oleh panitia.

Setelah acara istrahat selesai, peserta masuk ke ruangan untuk mengikuti pemaparan materi Pengembangan Bahan Ajar Daring Berorientasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka oleh Prof Daud K Walanda, M.Sc.,Ph.D. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan proses tanya jawab peserta dan pemateri. Kegiatan pun dijeda saat waktu shalat jumat tiba, kemudian masuk kembali pada pukul 13.00 siang dengan agenda acara kerja mandiri bahan ajar. Pada kegiatan ini, dua peserta dipandu oleh pemateri sebagai contoh peserta bimbingan bahan ajar. Setelah kegiatan pembimbingan dilakukan kegiatan ditutup pada pukul 15.00 WITA.

Pada kegiatan workshop yang telah dilakukan, sebagian besar peserta workshop telah memahami konsep dasar dari program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Namun belum sepenuhnya memahami  proses penerapan dari kebijakan tersebut serta pembuatan bahan ajarnya. Oleh karena itu diharapkan dapat dilakukan kegiatan serupa sebagai tindak lanjut untuk pengenalan konsep Merdeka Belajar – Kampus Merdeka pada tahapan yang lebih luas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.