Menuju KDMI, UNTAD Siapkan Mahasiswa Lewat Seleksi Debat Bahasa Indonesia Tingkat Universitas Tadulako 2018

Palu – Senin (09/04) Universitas Tadulako menyeleksi tim debat bahasa Indonesia dalam Seleksi Debat Bahasa Indonesia Tingkat Universitas Tadulako 2018 menuju Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) oleh Ristek Dikti yang dilaksanakan pada Senin (09/04) sampai Selasa (10/04) 2018 bertempat di Auditorium baru Universitas Tadulako (Pre-liminary) dan ruang senat rektorat lama lantai tiga (Semi Final). Sesuai namanya, kegiatan seleksi debat bahasa Indonesia bertujuan meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi melalui media debat ilmiah, selain itu meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia lisan dan tulisan, dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa, serta Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis, sehingga mahasiswa mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Sehubungan dengan hal itu, tim penyelenggara yang diketuai oleh Dr. Sitti Harisah , S.Ag., M.Pd menghadirkan sejumlah dosen yang tergabung dari beberapa fakultas sebagai juri dalam pelaksanaan kegiatan seleksi debat bahasa Indonesia yang diantaranya adalah Dr. Gazali Lembah, M.Pd sebagai ketua dewan juri, Drs. Pratama Bayu Santosa, M.Si, Dr. Yunidar, M.Hum, Rajiman S.E., dan Yusri S.Pd., M.Pd sebagai anggota dewan juri.

Adapun pelaksanaan kegiatan debat dilaksanakan selama dua hari berturut-turut mulai Senin (09/04) sampai Selasa (10/04) di dua tempat yang berbeda. Pelaksanaan debat bahasa Indonesia pada hari pertama dimulai pukul 09.00 WITA bertempat di Auditorium baru Universitas Tadulako untuk pre-liminary 1 sampai pre-liminary 3 guna menyeleksi tim debat tiap fakultas yang terdiri dari 9 tim, yakni FKIP (2 tim), FMIPA, Fakultas Kehutanan, Fakultas Hukum, FISIP, FEKON, FAPETKAN, dan FAPERTA. Hasil Pre-liminary 3 akan menentukan pemerolehan skor terbanyak yang diperoleh masing-masing tim untuk kemudian masuk ke babak Semi Final. Hari kedua, Selasa (10/04) pelaksanaan debat bahasa Indonesia diselenggarakan di Ruang Senat rektorat lama lantai tiga diikuti oleh 4 tim debat dengan hasil pemerolehan skor tertinggi diraih oleh Fakultas Hukum, diikuti FISIP, FKIP, dan FMIPA. Adapun hasil akhir dari seleksi debat bahasa Indonesia tingkat Universitas Tadulako 2018 yaitu terpilihnya 3 orang pembicara terbaik atas nama Andriawan Marcelino (F.Hukum) dengan total skor 81.25, Rizaldy Alif Syahrial (F.Hukum) dengan total skor 80.5, dan Dion Yosafat (FEKON) dengan total skor 80.25 sebagai perwakilan Universitas Tadulako menuju Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2018 tingkat Regional oleh Ristek Dikti.

Leave a Comment

Your email address will not be published.