Mengoptimalkan Pengelolaan Jurnal, Dosen dan Staff Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengikuti Workshop Pengelolaan Jurnal FKIP

Dosen dan Staff Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengikuti Workshop Pengelolaan Jurnal FKIP yang dilaksanakan oleh Unit Teknologi  Informasi dan Teknologi FKIP Universitas Tadulako pada Sabtu, 09 Oktober 2021 di Media Center Universitas Tadulako.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh staff Program Studi serta Tim Pengelola Jurnal di Program Studi masing-masing, dengan tujuan dapat mengoptimalkan pengelolaan jurnal elektronik yng ada dilingkungan FKIP Universitas Tadulako.  “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan jurnal  yang ada di FKIP. Kita mengharapkan kerja sama yang baik dengan semua unsur pimpinan dan tim pengelola jurnal agara dapat bersinergi demi kemajuan bersama.” Ucap Ketua Unit Tik FKIP UNTAD.

Narasumber yang diundang pada kegiatan ini yaitu Eko Setyadi Kurniawan, M.Pd. dari Universitas Purworejo dan Detris Poba, M.Pd. dari Universitas Tadulako. Materi yang dibawakan mengenai mekanisme pengajuan akreditasi jurnal, pengelolaan jurnal terakreditasi, strategi akreditasi  dan proses indeksasi  jurnal, serta standar mutu TBI terakreditasi dan indeksasi DOAJ.

Salah satu tim pengelola Jurnal Elektronik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ade Nurul, S.Pd., M.Pd., mengatakan sangat senang dan semangat mengikuti kegiatan ini, mengingat Jurnal yang ada di PBSI masih butuh pengelolaan yang maksimal. Tahun ini Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Tadulako menerbitkan Jurnal Senarai Bastra sebagai wadah untuk menampung tulisan berupa artikel-artikel ilmiah hasil penelitian.  Jurnal ini menerima tulisan dengan topik yang berkaitan dengan pengajaran, pendidikan, dan ilmu murni kebahasaan serta kesastraan Indonesia. “Saya berharap dengan mengikuti kegiatan ini saya dapat mengembangkan pengetahuan mengenai jurnal dan bisa menerapkannya di program studi, karena jurnal di program studi kami masih sangat minim dalam hal publikasi.” Ucap Ade Nurul, S.Pd., M.Pd.

Leave a Comment

Your email address will not be published.