PKKMB PBSI FKIP UNTAD

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru PBSI 2021

Pembukaan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) tingkat fakultas di Universitas Tadulako dilaksanakan selama 2 hari yakni pada Kamis, 26 Agustus 2021 hingga Jumat, 27 Agustus 2021. Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, pengenalan lingkungan FKIP dilakukan selama 1 hari Full pada Kamis dan kemudian dilanjutkan untuk pengenalan Program Studi beserta Unit, Jurusan, serta Himpunan Mahasiswa yang ada di lingkungan FKIP.

Pada Jumat, 27 Agustus 2021 sejumlah 201 mahasiswa Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disambut dengan hangat oleh Koordinator Program Studi serta semua Dosen sebagai tenaga Pengajar untuk perkenalan meski dalam kondisi Pandemi Covid 19 yang mengharuskan kegiatan PKKMB ini dilaksanakan secara Daring.

Pemaparan Profil Prodi oleh Dr. Ulinsa, M.Hum.

Kegiatan PKKMB di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diawali dengan Pembukaan sekaligus sambutan dari Koordinator Program Studi, Dr. Ulinsa, M.Hum. dan dilanjutkan dengan pemaparan Visi Misi Program Studi, Sebaran Mata Kuliah Program Studi, pengenalan Dosen, pengenalan Ketua Jurusan, Pengenalan Himpunan yang ada di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta pemaparan materi oleh Dr. Muthia Aryuni, S.Psi., M.Psi..

Materi yang dibawakan oleh Narasumber pada PKKMB kali ini yaitu tentang Time Management. Tema ini dipilih sebagai awal pembelajaran bagi Mahasiswa Baru tahun 2021 agar dapat mengasah kemampuannya dalam merencanakan, mengorganisasikan dan mengaturkan waktu yang akan dihabiskan untuk melakukan kegiatan selama menjadi mahasiswa secara efektif  demi mencapai tujuannya di Perguruan Tinggi. Menurut narasumber, dalam manajemen waktu, diperlukan tekad dalam mengikuti semua perencanaan dan tidak boleh menyia-yiakan waktu meskipun waktu yang singkat. Kegagalan yang sering terjadi dalam manajemen waktu adalah kebiasaan-kebiasaan buruk seperti suka menunda-nunda pekerjaan dan kurangnya kontrol diri. Beberapa kegiatan penting yang berkaitan dengan Manajemen Waktu diantaranya seperti perencanaan untuk masa depan, menetapkan tujuan yang akan dicapai, memprioritaskan tugas-tugas dan juga memantau waktu-waktu yang telah dialokasikan sehingga dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dengan tempo waktu yang ditentukan.

Pemaparan Materi oleh Dr. Muthia Aryuni, S.Psi., M.Psi..

Setelah pemaparan materi, dilakukan sesi tanya jawab yang disambut dengan sangat antusias oleh mahasiswa baru Angkatan 2021.

Kegiatan PKKMB di Program Studi hanya berlangsung hingga jam istirahat yakni pukul 12.00 WITA dan kembali di Fakultas untuk menerima materi-materi selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *