Siakad PBSI

Sosialisasi SIAKAD Online Bagi Mahasiswa Baru Pendidikan Bahasa dan Sastra Tahun 2021

Di lingkungan perguruan tinggi penggunaan teknologi informasi diantaranya untuk pengelolaan jadwal kuliah, rencana studi mahasiswa dan hasil studi mahasiswa. Pengelolaan bidang Akademik akan menjadi lebih efektif dan efisien setelah dibantu dengan penggunaan teknologi informasi dalam bentuk Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Dalam hal ini, di Universitas Tadulako khususnya di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia juga telah menggunakan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) untuk menunjang kegiatan akademik. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pengelolaan lembaga ini sangat diperlukan agar pengelolaan terhadap institusi ini lebih efektif dan efisien, yaitu dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD).

           Mengingat pentingnya SIAKAD bagi Mahasiswa, pada Minggu, 29 Agustus 2021 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Siakad dan Perwalian secara daring . Hal ini dikarenakan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2021 tidak dapat dilakukan secara luring karena terhalang pandemi covid-19. Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Ulinsa, M.Hum. sebagai Koordinator Program Studi.

         Rangkaian acara pada kegiatan ini yaitu diawali dengan sambutan Koordinator Program Studi, pembagian jadwal mata kuliah, dan pengenalan Dosen Wali bagi mahasiswa baru Angkatan 2021. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan memberikan sosialisasi tentang SIAKAD kepada mahasiswa baru yang dibawakan oleh staff program studi.

         Adapun hal-hal yang disampaikan pada sosialisasi siakad yaitu cara mahasiswa baru untuk log in keakun siakad masing-masing, kemudian mengajarkan mahasiswa baru untuk mengisi data diri, data akademik, dan data orang tua. Selanjutnya memberikan infromasi mengenai Kartu Rencana Studi, dan Kartu Hasil Studi serta bagaimana cara pengisiannya.

         Selain itu, pada kegiatan ini juga disampaikan cara-cara komunikasi yang baik pada saat menghubungi dosen, bagaimana berpakaian sopan saat mengikuti perkuliahan, dan segala hal yang menjadi peraturan akademik di Universitas Tadulako, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *