Penyusunan LKPS PBSI

Penyusunan Dokumen LKPS sebagai Langkah Awal Menuju Akreditasi yang Unggul

Pada tahun 2022, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia akan melakukan Akreditasi Program Studi. Salah satu komponen penting untuk Akreditasi adalah dokumen Laporan Kinerja Program Studi (LKPS). Menginat pentingya LKPS tersebut, Koordinator Program Studi membentuk panitia untuk memahami secara baik dan komprehensif tentang makna dan mekanisme penyusunan LKPS. Kegiatan Penyusunan Laporan Kinerja Program Studi ini diketuai oleh Ibu Dr. Ida Nur’aeni, M.Pd.

Pada hari Rabu, 03 Maret 2021 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Laporan Kinerja Program. Kegiatan ini diikuti oleh tim penyusun LKPS Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta beberapa Alumni yang dilibatkan untuk memberikan informasi mengenai data yang diperlukan untuk pengisian LKPS.

(Pendampingan Penyusunan LKPs oleh Nadrun, S.Pd., M.Pd., M.Ed.)

Pemateri pada kegiatan ini yaitu Nadrun, S.Pd., M.Pd., M.Ed. sebagai Ketua Divisi Akreditasi, Unit Penjaminan Mutu FKIP, Univeristas Tadulako. Dalam pemaparannya, pemateri menjelaskan  bahwa dala penyusunan LKPS perlu membagi tim berdasarkan 9 standar yang telah ditentukan dalam peraturan Akreditasi 4.0. Selanjutnya, masing-masing tim mencari data yang menjadi tanggung jawabnya untuk dimasukkan kedalam template LKPS yang ada. Adapun beberapa standar yang dimaksudkan yaitu, Visi Misi Tujuan dan Strategi, ke-dua Tata Pamong, Kelola dan Kerjasama, ke-tiga Mahasiswa, ke-empat Sumber Daya Manusia, ke-lima Keuangan Dan Sarpras, ke-enam Pendidikan, ke-tujuh Penelitian, ke-delapan Pengabdian, ke-sembilan Luaran Dan Capaian Tridharma Perguruan Tinggi.

Penyusunan LKPS PBSI
(Pertemuan secara daring tim penyusun LKPS PBSI)
(Pertemuan langsung tim penyusun LKPS PBSI)

Selanjutnya, penyusunan LKPS ini dilakukan secara berkelompok dan melakukan beberapa pertemuan baik secara langsung maupun secara daring melalui aplkasi zoom setelah Workshop dilaksanakan. Disetiap pertemuan masing-masing kelompok melakukan evaluasi terhadap data yang telah dirampungkan dan mencari solusi bersama mengenai data yang sulit ditemukan. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, panitia masih menemukan berbagai kendala dalam menyusun data LKPS.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *