Kuliah Tamu bersama Dr. Sultan, M.Pd

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UNTAD kembali menyelenggarakan kuliah tamu yang bertajuk Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Di Era Revolusi industry 4.0. Kuliah tamu tersebut menghadirkan narasumber ahli dari Universitas Negeri Makassar.  narasumber tersebut, yakni Dr. Sultan M.Pd.

Kegiatan ini terbuka bagi seluruh civitas akademika prodi pendidikan bahasa dan sastra indonesia FKIP UNTAD dan diselenggarakan pada Jumat (15/03) di Theater Room, Universitas Tadulako

Pada kesempatan tersebut, Dr. Sultan,M.Pd memaparkan materi pengembangan kreativitas mahasiswa kepada peserta kuliah tamu. Menurutnya pada era teknologi yang berkembang pesat saat ini, harusnya mahasiswa mampu mengembangkan ide-ide atau pikiran-pikiran mereka pada bidang-bidang yang mereka kuasai  dan mampu berdaya saing dengan orang lain.

beliau berharap kepada peserta bahwa mahasiswa saat ini jangan membiasakan budaya malas karena perkembangan industri pada saat ini sangat cepat berkembang pesat dan tak bisa dihindari, tak dapat di pungkiri akibat teknologi akan ada banyak pekerjaan yang akan hilang dan di gantikan dengan mesin robot.

“ketika kita mengembangkan kreativitas dalam diri kita dan mengaplikasikannya kepada orang banyak,tak perlu khawatir dengan  perkembangan era digital saat ini karena kita memiliki daya saing dan kreativitas yang sangat potensial” ujar Dr. Sultan. Beliau menambahkan bahwa  PKM (Pengembangan Kreativitas Mahasiswa)menyajikan minat dan bakat di berbagai bidang sehingga mahasiswa mampu memilah dan mengetahui di bidang apakah potensi dan bakatnya mampu dikembangkan.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (WADEK BIMA) FKIP UNTAD, Dr. Iskandar,M.Hum yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan dalam sambutannya ia berharap dalam kegiatan PKM(Pengembangan Minat Mahasiswa) ini  mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia mampu menerapkan imu-ilmu yang telah di sampaikan dapat di aplikasikan ke masyarakat dan berguna juga untuk masyarakat, ia juga menambahkan harapan besar kepada mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia mampu bersaing dan membawa nama baik fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas tadulako ke kancah lokal, nasional, bahkan sampai .

Pada kesempatan itu juga ketua prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Dr. Sitti Harisah,S.Ag juga turut menyampaikan sambutannya kepada peserta, dalam sambutannya beliau berharap melalui kesempatan ini para mahasiswa dapat terinspirasi, termotivasi sehingga mampu mengembangkan ide-ide yang selama ini di rencanakan dan dapat diaplikasikan kepada Masyarakat, Beliau percaya bahwa mahasiswa memiliki segudang ide akan tetapi malas untuk mengembangkannya, dan melalui kegiatan PKM tersebut dapat menjadi dorongan untuk mahasiswa agar lebih giat dan berusaha lagi.

“Kemudian,dari kegiatan kuliah tamu mahasiswa di harapkan mahasiswa jika memiliki ide segera di lakukan pengembangan agar dapat menumbuhkan sifat kreatif dan jiwa leadership  dari mahasiswa tersebut akan tetapi  jika hanya memiliki ide, tetapi tidak melakukan tindakan terhadap ide itu, maka ia hanya imajinatif tetapi tidak kreatif.” Ujar Dr. Sitti Harissah (Ketua ProdiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *