Lakukan Penelitian Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2015 Kunjungi Tiga Daerah

Sebagaimana yang telah diprogramkan dari tahun ke tahun, pada matakuliah Metode Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia mahasiswa akan melakukan penelitian bahasa di satu daerah tertentu untuk meneliti suatu bahasa yang terdapat dalam satu daerah. Tujuannya tidak lain untuk menambah pengetahuan sekaligus menerapkan teori penelitian yang sudah dipelajari di kelas.

Pada tahun ajaran 2018/2019 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2015 melakukan penelitian di tiga daerah yang berbeda pada masing-masing kelas. Adapun mahasiswa angkatan 2015 terbagi atas tiga kelas, yakni kelas A, B, dan C.

Untuk kelas A angkatan 2015, penelitian Bahasa dilakukan di Desa Apal Kecamatan Liang Banggai Kepulauan. Dimulai pada Rabu (18/04) 2018 sampai dengan Senin (23/04) 2018, disampingi oleh sejumlah dosen pengampu matakuliah, yakni Drs. Saharudin Barasandji, M.Pd, Dr.Syamsuddin, M.Hum, dan Dr. I Gusti Ketut Alit Suputra, M.Hum. Adapun kelas B angkatan 2015, penelitian dilakukan di Desa Palasa, Kabupaten Palasa, Kecamatan Parigi Moutong. Dimulai pada Jumat (27/04) 2018 sampai dengan Minggu (29/04) 2018. Penelitian Bahasa di daerah Palasa dihadiri oleh tiga orang dosen, yakni Dr. Gazali, M.Pd selaku dosen utama pengampu matakuliah, serta dua orang dosen pendamping yaitu Drs. Pratama Bayu Santosa, M.Si dan Dr. Sugit Zulianto, M.Pd. Sedangkan kelas C angkatan 2015 melakukan penelitian bahasa di Buol, tepatnya di Desa Lunguto Kecamatan Paleleh Barat Kabupaten Buol. Keberangkatan dari Kota Palu dimulai pada Rabu (25/04) dan sampai di lokasi pada Kamis (26/04). Penelitian dilakukan selama dua hari berturut-turut mulai Jumat (27/04) sampai Sabtu (28/04). Usai penelitian, mahasiswa diajak untuk mengunjuni pulau Boki pada Minggu (29/04). Mahasiswa menyiapkan keberangkatan (pulang ke Palu) pada Selasa (01/05) dan sampai pada Rabu (02/05) 2018. Adapun dosen yang turut mendampingi mahasiswa untuk melakukan penelitian adalah dosen pengampu matakuliah itu sendiri, yaitu Dr. Ali Karim, M.Hum, Dr. Moh. Tahir, M.Hum, dan Drs. Idris Pattekai, M.Pd. Sedangkan dosen pendamping yang turut menghadiri penelitian antara lain, Akhlis, S.Pd, M.Pd, dan Asrianti, S.Pd, M.Pd.             Adapun objek/fokus penelitian mahasiswa ialah struktur bahasa dan sastra lisan/tulisan yang terdapat di masing-masing daerah (lokasi penelitian). Penelitian tersebut mencakup fonen, morfem, sintaksis, sastra lisan, dan budaya daerah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *